Manfaat Toko Online Untuk Bisnis dan Cara Membuatnya

 Manfaat Toko Online Untuk Bisnis dan Cara Membuatnya


Manfaat toko online untuk bisnis sudah bukan jadi rahasia lazim lagi: lumayan banyak. Asalkan, kita dapat mengelolanya dengan tepat sehingga dapat beroleh hasil yang diharapkan.


Dalam tulisan ringkas ini, kita sudah merangkum lebih dari satu poin penting. Meliputi:


Apa itu eCommerce & Toko Online? ardev

eCommerce merupakan aktivitas menjual membeli lewat internet. Mulai dari pasarnya, penjualnya, pembelinya, sampai metode pembayaran yang dilakukan. Kegiatan ini menghubungkan pada produsen dan pembeli secara langsung.

Bisa dikatakan bahwa e-commerce lebih fokus pada aktivitas menjual belinya. Lalu, bagaimana dengan toko online?


Toko online merupakan toko yang menyajikan etalase produk, lengkap dengan sistem transaksi yang sudah dibangun. Mulai dari memasukkan keranjang, checkout, sampai pembayaran dan pengiriman.

Identiknya, toko online dibangun sendiri oleh pemilik usaha. Berbeda dengan marketplace yang tetap “numpang” oleh penyedia lapak, seperti Shopee, Tokopedia, sampai Bukalapak.



 

Toko online lebih fleksibel gara-gara kita dapat memasukkan unsur merk yang unik. Misalkan lewat desain website, copywriting, diskon dan promo, sampai perihal mendetail seperti syarat & ketentuan.


Manfaat Toko Online Untuk Bisnis

Ada banyak sekali keuntungan yang dapat didapatkan disaat kita sebagai pemilik usaha, membangun sebuah toko online. Jika diringkas, tersebut lebih dari satu poin yang kita highlight:


Tampilan lebih profesional

Meningkatkan kredibilitas

Katalog produk lebih komplit

Memudahkan konsumen

Mudah untuk dikembangkan

Tidak terkait pada marketplace

Lebih mengenal pembeli lewat data

Berikut ulasan selengkapnya.


1. Tampilan Lebih Profesional

Tampilan situs akan secara segera akan nampak lebih profesional dibanding sebelumnya. Ketika pengguna atau calon pembeli mengetik nama merk di address bar mereka, maka di situ akan terakses situs kita.


Website yang dibuka dan punya nama domain berakhiran .id atau .com akan jauh lebih bagus. Kita sebagai pengguna terhitung akan jadi percaya bahwa merk tersebut punya visi yang jelas.


Berikut lebih dari satu alasannya:


Brand kita dinilai bagus gara-gara mau mengeluarkan modal untuk memperbagus branding lewat toko online.

Konsumen akan jadi percaya dan mau menggunakan lebih banyak uang untuk belanja produk lewat toko online.

Konsumen dapat dengan mudah merekomendasikan toko online kita kepada teman-teman mereka.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Masih terkait dengan poin no satu, disaat penampilan situs lebih profesional, maka secara segera terhitung akan menambah keyakinan pembeli kepada merk kita.


Dibandingkan kalau wajib membandingkan toko-toko yang ada di marketplace, akan mulai lebih sulit. Konsumen kalau menyaksikan toko online, bahkan dengan desain unik & cocok brand; maka akan terlampau mudah diingat.

 

Dengan demikian, kredibilitas toko online kita akan meningkat seiring keyakinan dari konsumen.


3. Katalog Produk Lebih Komplit

Ketika punya toko online, kita dapat mengunggah produk sebanyak yang kita mau. Tanpa wajib dibatasi oleh fitur dari pihak ketiga (marketplace, misalkan).



Katalog tersebut tentu akan memberikan kemudahan bagi pembeli untuk menyaksikan produk yang ditawarkan. Beserta dengan stok yang ada, apakah tetap dapat order atau tidak.


Dengan begitu, sebagai pemilik usaha, disaat ada yang menanyakan produk jualan kita; maka dapat kita sarankan untuk segera terhubung katalog sehingga lebih mudah mengeceknya.


4. Memudahkan Konsumen

Selain katalog, toko online terhitung punya banyak model halaman yang dapat dibikin untuk memudahkan konsumen. Halaman-halaman tersebut di antaranya:


Katalog produk

Kategori produk

Cara pemesanan

Cara pengiriman

Cara retur (jika ada)

Syarat & ketentuan

Dan tetap banyak lagi halaman lain yang dapat ditambahkan cocok keperluan kita.


Dengan begitu, pembeli akan lebih mudah untuk belanja produk lewat situs toko online. Mereka terhitung dapat fokus untuk belanja produk cocok dengan keinginan, menambah promo, diskon, dan penawaran menarik lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Kegiatan Outbound untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa terhadap Anak TK B di TK ABBA 8 Kepanjen

Tips Jualan Online di WhatsApp, Bisa Makin Dekat bersama dengan Pelanggan!

Tes Pramusim F1 Bahrain: Verstappen Tercepat, Saiz Mengekor di Posisi Kedua