Tips Jualan Online di WhatsApp, Bisa Makin Dekat bersama dengan Pelanggan!
Tips Jualan Online di WhatsApp, Bisa Makin Dekat bersama dengan Pelanggan!
WhatsApp adalah platform komunikasi di ponsel pintar (smartphone) yang umum digunakan di Indonesia. Tak hanya untuk berkomunikasi, WhatsApp termasuk bisa digunakan untuk berjualan online, lho!
Dengan menggunakan WhatsApp, kamu dapat lebih dekat bersama dengan pelanggan. Transaksi jual-beli dapat lebih mudah sebab kamu segera berkomunikasi bersama dengan pelanggan.
Apalagi, kala ini WhatsApp termasuk mengeluarkan aplikasi khusus, yakni WhatsApp Business. Kamu bisa melampirkan profil dan Info seputar bisnismu di aplikasi tersebut.
Sebelum mengulas caranya jualan online di WhatsApp, kamu harus menyadari fungsi lain berjualan online di WhatsApp.
Baca Juga: 8 Ide Bisnis di Desa, Patut Dicoba! Bisnis modal kecil
1. Manfaat berjualan online di WhatsApp
Seperti yang disebutkan di atas, fungsi utama berjualan online di WhatsApp adalah mendekatkan diri bersama dengan pelanggan. Di segi lain, berjualan online di WhatsApp termasuk memudahkan kamu melaksanakan pemasaran.
Dikutip berasal dari Qontak, Sabtu (26/2/2022), WhatsApp memiliki sarana berbagi lokasi (share location) yang dapat mempermudah kurir mengirim produk ke pelanggan, sebab titik lokasinya lebih akurat.
Kemudian, WhatsApp mudah diakses kapan pun selama 24 jam. Kamu termasuk bisa merespons pertanyaan pelanggan lebih cepat.
2. Cara berjualan online di WhatsApp
4 PR Buat Pemerintah Yang Ajak Elon Musk Buat Investasi Di RI
Lengkap! Isi Tuntutan Petani Sawit Ke Jokowi
Peternak Menanti Uluran Tangan Pemerintah Atasi Dampak Wabah PMK
Setidaknya, tersedia 8 langkah yang harus dikerjakan untuk berjualan online di WhatsApp, sebagai berikut:
Beralih ke aplikasi WhatsApp Bussiness
Gunakan satu nomer saja untuk berjualan
Tentukan tujuan penjualan
Atur kontak didalam ponsel yang bisa tersambung ke WhatsAoo
Buat konten pemasaran terkini
Kirimkan pesan serentak atau broadcast message berisikan promosi bisnismu dan rincian produk yang kamu jual
Personalisasi calon pembeli
Konsisten melaksanakan promosi dan menjaga mutu pelayanan.
3. Cara menggunakan WhatsApp Business
Tips Jualan Online di WhatsApp, Bisa Makin Dekat bersama dengan Pelanggan!Direktur Komunikasi, APAC, WhatsApp Sravanthi Dev didalam peluncuran fitur Catalog pada WhatsApp Business (IDN Times/Shemi)
Dikutip berasal dari website formal WhatsApp, begini langkah menggunakan WhatsApp Business untuk mempermudah bisnismu:
Unduh aplikasi WhatsApp Business secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Ketuk ikon WhatsApp Business pada layar utama ponsel kamu
Tinjau Ketentuan Layanan: Baca Ketentuan Layanan WhatsApp Business, lantas ketuk Setuju dan Lanjutkan untuk terima ketentuan.
Daftar: Pilih negara berasal dari daftar tarik turun untuk menambahkan kode negara, lantas masukkan nomer telpon kamu didalam format nomer telpon internasional. Ketuk Selesai atau Lanjut, lantas ketuk Oke untuk terima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon. Untuk menyelesaikan pendaftaran, masukkan kode 6 digit yang kamu terima.
Izinkan akses ke kontak dan foto: Kontak berasal dari buku alamat telpon kamu bisa ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business. Kamu termasuk bisa mengizinkan akses ke foto, video, dan file yang tersedia pada ponselmu.
Buat akun: Masukkan nama bisnis, menentukan kategori bisnis, lantas menentukan foto profil.
Buat profil bisnis: Ketuk JELAJAHI > Profil bisnis. Kamu termasuk bisa menambahkan Info bisnis perlu layaknya alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya.
Mulai chat. Cari atau menentukan kontak yang ingin kamu kirimi pesan.
Baca Juga: Eksklusif! Raffi Ahmad Blak-Blakan Soal Bisnis dan Plan 2022
4. Fitur-fitur didalam aplikasi WhatsApp Business
Ada empat fitur pada WhatsApp Business yang harus kamu pelajari kegunaannya untuk meningkatkan kapabilitas berjualanmu, sebagai berikut:
Katalog: Tampilkan dan bagikan Info produk serta sarana melalui akun bisnis kamu.
Tautan pendek: Mempermudah pelanggan baru untuk mengakses bersama dengan kamu. Bagikan tautan pendek yang dibuat secara otomatis untuk amat mungkin mereka mengirim pesan ke bisnis kamu.
Fitur perpesanan: Gunakan template perpesanan WhatsApp untuk membawa dampak obrolan perlu berasal dari awal. Buat salam yang dikirim secara otomatis untuk berinteraksi bersama dengan pelanggan baru. Setel pesan di luar jam kerja supaya pelanggan kamu menyadari kapan bisnis kamu dapat buka ulang atau buat balas cepat untuk menjawab pertanyaan yang kerap diajukan.
Label: Urutkan obrolan bersama dengan pelanggan jadi beberapa kategori, layaknya “Pelanggan baru” atau “Pesanan didalam proses.”
Komentar
Posting Komentar